Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Adab Keluar Rumah

https://aimihijrah.blogspot.com - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Sahabat sekalian alhamdulillahirobbilalamin sekarang kita bahas tentang Adab Keluar Rumah, Allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa’ala alihi wa shahbihi ajma'in.

Pertama, kalau mau berangkat pastikan Niatnya untuk apa?

Niat itu merupakan kunci, niatlah keluar rumah lillahita'ala, mencari keridhaan Allah, menjemput rezeki, mencari ilmu, pokoknya niat harus betul-betul mengawali keberangkatan kita dari rumah karena niat seperti nyawa dan amal seperti tubuh ini, jika salah niat maka tidak bisa jadi amal.

Kedua, Usahakan kalau mau keluar dari rumah, salat sunah 2 rokaat dulu.

Sebagaimana sabda Rasulullah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "jika kamu keluar dari rumahmu dan melakukan salat dua rakaat, maka Allah akan melindungimu dari keburukan dan masalah di luar, Jika kamu memasuki rumahmu lakukanlah salat dua rakaat, maka kamu akan terlindungi dari keburukan dan masalah di dalam, (HR. Al bazzar)

kalau kita berangkat sesudah salat, Insya Allah tubuh kita dalam keadaan wudhu itu lebih baik, Masya Allah.

Ketiga, Melangkah keluar di awali dengan kaki kanan.

Karena inilah sunnah, Hadits Riwayat dari Aisyah r.a Beliau berkata: “Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam Menyukai Memulai dari sebelah kanan saat mengenakan sandal, menyisir rambut, bersuci, dan dalam semua urusannya" (HR. Bukhori)

Rasulullah selalu mengawali kebaikan dengan kaki kanan

Keempat, Do’a.

Diriwayatkan oleh Anas bin Malik r.a. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa

bismilahi tawakaltu alallahi laa haula wala quwwata illa Billah.

Dikatakan kepadanya: “kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi, kamu dilindungi, seketika itu setan-setan pun menjauh darinya dan salah satu setan berkata kepada temannya, Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi dan dilindungi”.  (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Dikatakan kepadanya Hudiita wakufiita wawukiita, ditunjuki, dicukupi dan dilindungi, sehingga setan-setan bingung, bagaimana akan menipu/menggelincirkan orang yang diberi petunjuk oleh Allah.

Kita tidak tahu rezeki yang paling berkah bagi kita di mana dan Allah maha tahu dan Allah kuasa menunjukkan ilmu yang manfaat, pertemuan dengan siapa, rezeki yang berkah atau Allah menunjukkan kepada kita siapa yang akan menipu, mencelakakan, menggelincirkan. Kita dicukupi karena Allah tahu keperluan kita, lebih tahu dari kita sendiri dan Allah yang menggenggam apapun yang kita perlukan dan Allah janji kalau kita doa seperti tadi maka kita akan dicukupi dan dilindungi karena kita tidak tahu musibah Apa yang akan terjadi di jalan, di kantor, di tempat belajar, tapi semua yang akan terjadi diketahui Allah dan Allah yang menguasainya, oleh karena itulah, jangan pernah lepas dari doa tadi.

bismilahi tawakaltu alallahi laa haula wala quwwata illa Billah

Kemudian ada doa yang penting yang di ajarkan Rasululloh karena Rasulullah setiap keluar dari rumah beliau selalu mengangkat tangan:

Dari Ummu Salamah r.a. beliau menceritakan: “Setiap kali Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam keluar dari rumahku beliau mengarahkan pandangannya ke langit kemudian berdoa

Allahumma inni a'udzubika ‘an Adilla, au Udilla, au Azila au Uzilla, au Azlima au Uzlima, au Ajhala au Ujhila Alayya.

"ya Allah aku berlindung kepadamu dari aku tersesat atau menyesatkan Atau aku tergelincir atau aku digelincirkan atau aku berbuat dzolim (menzolimi) atau diriku dizolimi atau aku berbuat Bodoh atau aku dibodohi (HR. Abu Dawud dan an-nasa'i) Amin ya rabbal'alamin

Dan berangkatlah bekerja, adab yang selanjutnya adalah

Kelima, penuhi dengan Dzikrullah ta'ala jikalau kita berangkat keluar dari rumah dengan niat dan amal yang dicontohkan Rasul Insyaallah Allah yang menguasai segala-galanya akan memudahkan, mencukupi, melindungi kita semua dan tidak ada sebaik-baik pelindung Yang Maha kokoh selain Allah yang Maha Agung.

Terima kasih sahabatku sekalian, subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh


Post a Comment for "Adab Keluar Rumah"