Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu sholat Qudum?


Shalat Qudum

__________________

https://aimihijrah.blogspot.com - Shalat Qudum dikerjakan di masjid saat seseorang baru datang dari suatu perjalanan. Salat ini dikerjakan 2 rakaat sebelum dia pulang ke rumahnya. Hal itu didasarkan pada hadits Jabir radhiyallahu'anhuma yang bercerita, "Bahwa Rasulullah ﷺ pernah membeli seekor unta dariku ketika tiba di Madinah beliau ﷺ menyuruhku salat dua rakaat di masjid." (Muttafaq'alaih) 

Ka'ab bin Malik radhiyallahu'anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah ﷺ selalu datang dari perjalanan pada waktu Dhuha. Jika datang, beliau ﷺ mengawali kedatangannya dengan shalat 2 rakaat di masjid kemudian duduk di dalamnya. (Muttafaq'alaih) 

Imam an-nawawi rahimahullah dalam Syarah Shahih Muslim mengatakan, "Di dalam hadits tersebut terkandung pengertian bahwa bagi orang yang baru datang dari perjalanan, disunahkan shalat dua rakaat di masjid: pada awal kedatangannya. Shalat itu dimaksudkan sebagai salat Qudum karena baru datang dari perjalanan bukan salat Tahiyatul Masjid. 

Selain itu, didalam perintah tersebut juga terkandung pengertian bahwa seseorang disunnahkan datang dari perjalanannya pada permulaan siang (waktu Dhuha). Bagi orang yang memiliki kedudukan atau banyak dibutuhkan orang lain, dia disunahkan mengawali kedatangannya dengan duduk di tempat terbuka, seperti di dekat rumahnya yang memudahkan orang lain untuk mengunjunginya, baik di masjid atau tempat lainnya."

(Diambil dari Kitab Shalâh al-Mu'min: Mafhûm wa Fadhâil wa Âdâb wa Anwâ' wa Ahkâm wa Kaifiyyah fî Dhau'il Kitâb was Sunnah, karya Syekh DR. Sa'id bin Ali Al-Qahthani.)

Post a Comment for "Apa itu sholat Qudum?"